Loading...

Perkiraan Rincian Biaya Lamaran atau Tunangan Sederhana

Berapa sih perkiraan biaya lamaran sederhana? Pasti itu yang sering ditanyakan saat kamu hendak melamar calon istri kamu. Sebenarnya mudah sekali untuk menentukannya, hal itu tergantung dari kesepakan kamu dengan pasangan kamu.

Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut ketika hanya memiliki uang Rp.5 juta namun ingin mempersunting seorang gadis idaman. Berbekal uang sedikit saya memberanikan diri untuk melamarnya.
Perkiraan Rincian Biaya Lamaran

Tentu saja semuanya sudah kita bicarakan berdua bahwasannya saya tidak memiliki banyak uang dan apa-apa yang harus dibawa. Mungkin hanya berbekal cincin dua gram saja maka harus sudah cukup untuk melamar kamu.

Dan nyatanya acara lamaran saya berjalan lancar, datang kerumahnya berbekal cincin 2 gram dan membawa orang tua serta orang yang dipercayakan untuk berbicara mengisi sedikit wejangan. Akhirnya proses lamaran selesai.

Acara lamaran tidaklah melulu harus megah karena acara intinya adalah pernikahan. Nantinya setidaknya kamu harus menyiapkan sejumlah uang serta mempersiapkan barang seserahan kepada keluarga calon istri kamu. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel sebelumnya tentang simulasi biaya pernikahan.

Rincian Kegiatan Acara Lamaran

Apa saja biasanya yang dilakukan saat prosesi lamaran sederhana. Acara prosesi lamaran memang tidak ada susunan acara secara baku, itu tergantung dari kamunya saja mau megah atau biasa-biasa saja, mau adat Jawa, Sunda, Sumatera atau adat lainnya.

Namun yang kami tekankan disini adalah acara lamaran sederhana, sangat sederhana karena pernikahan itu bukan membebankan tapi memudahkan dua insan untuk membangun keluarga sakinah mawahdah warohmah.

1. Perkenalan

Pertama adalah perkenalan dari kamu yang bermaksud melawar calon istri kamu. Tunjuk saja satu orang atau sesepuh yang dirasa paling pandai berbicara, atau bisa juga oleh ayah kamu.

Memperkenalkan diri dan keluarga, biasanya hal ini sebatas basa basi namun perlu dilakukan. Memperkenalkan kamu dan kerjaan kamu serta lain sebagainya.

2. Meyampaikan Maksud

Selanjutnya dalam acara lamaran adalah menyampaikan maksud atau tujuan kamu datang yakni melamar anak gadis yang punya rumah. Apalah diterima atau tidak.

3. Tausiah

Tausiah disini bisa diartikan sebagai wejangan dari sesepuh bagaimana tentang berumah tangga nantinya. Hal yang harus dilakukan dan dihindari dari sisi agama dan lain sebagainya.

4. Menentukan Hari Pernikahan

Terkadang ada juga yang langsung menanyakan hari pernikahan. Nah bisa juga langsung dirembuk kapan waktu yang pas untuk menikah, minimal sudah mengetahui bulan pernikahan.

Rincian Biaya Lamaran Sederhana

Nah jika sudah mengetahui apa saja yang akan dilakukan saat prosesi lamaran selanjutnya adalah mengkalkulasikan perkiraan biaya lamaran. Kamu pasti sudah terbayang akan membutuhkan berapa lama saat prosesi lamaran.

Setelah itu tentu akan ada acara santap bersama atau makan-makan dari hidangan yang sudah disiapkan.  Kalau kamu punya uang bisa sedikit menyumbang untuk hidangan beberapa hari sebelum lamaran. Namun jika tidak ada uang cukup membawa cincin mas sebagai simbol.

Namun jika memiliki cukup uang dan gak mau hanya membawa diri saja, maka ada beberapa yang harus kamu siapkan. Diantaranya:

1. Biaya Hantaran

Kamu gak ingin kan datang melamar hanya dengan membawa diri saja, setidaknya kamu membawa makanan dan kue-kue. Maka rincian biaya lamaran yang pertama adalah mempersiapkan hantaran berupa makanan dan kue-kue, bisa juga dengan pakaian.

Jumlah biaya lamaran dari sisi hantaran relatif tergantung berapa banyak yang ingin kamu berikan. Untuk prosesi lamaran sederhana rasanya cukup lah Rp.500 ribu.

yang berat itu nanti pas pernikahan karena kamu harus mempersiapkan juga uang untu biaya seserahan pernikahan. Masa bawaannya disamain dengan pas waktu melamar hehe.

2. Biaya Pembelian Tanda Jadi (Cincin)

Lamaran pernikahan identik dengan cincin, maka kamu harus mempersiapkan cincin sebagai simbol tanda jadi. Untuk prosesi lamaran sederhana cukup dengan 2 gram cincin saja dan harganya sekitar Rp.1 juta karena 1 gram emas sekarang sudah Rp.500.000.

3. Biaya Bantu-bantu Calon Mertua (Subsidi)

Misal kamu ingin melamar pacar kamu, kamu berikan uang alakadarnya kepada calon mertua kamu untuk membantu meringankan biaya makan-makan nantinya.

Jumlah biaya lamaran pernikahan dari segi subsidi juga tergantung berapa banyak keluarga kamu yang akan ikut pada saat lamaran. Semakin banyak semakin besar, kalau misal hanya sekeluarga saja cukup lah dengan Rp.500.000.

4. Biaya Akomodasi dan Transportasi

Kalau punya mobil sendiri sih gak usah mengeluarkan uang, tapi kalau gak punya dan terpaksa harus sewa mobil maka biayanya sekitar Rp.350.000.

Total Rincian Biaya Lamaran Pernikahan

Dari daftar diatas maka diketahui berapa perkiraan biaya lamaran pernikahan sederhana. Jadi biaya hantaran Rp.500 ribu, biaya cincin lamaran Rp.1 juta, biaya subsidi Rp.500.000 dan biaya transportasi (optional) Rp.350.000, maka total biaya lamaran pernikahan sederhana adalah Rp.2.350.000.

Bagaimana? Sebenarnya ini masih bisa di minimalisir dengan mengurangi hal-hal yang tidak perlu. Yupz, kalau kamu punya uang segini, maka segeralah lamar pacar kamu. Demikian ulasan mengenai rincian biaya lamaran pernikahan sederhana, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel