Loading...

Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir Supaya Sehat

Bagi Pasangan Muda yang baru dikaruniai seorang anak tentunya akan berusaha sebaik mungkin dalam mencari informasi seputar tips merawat bayi baru lahir supaya montok dan sehat. Maka orang-orang yang berada disekitar kita mulai memberi masukan serta saran dalam merawat bayi anda; namun demikian Anda tidak harus menuruti semua nasehat secara langsung. Mungkin saja beberapa nasihat yang disampaikan tidak semuanya cocok dan sesuai dengan kondidsi buah hati anda. Maka alangkah baiknya sebagai orang tua, Anda juga perlu menyaring informasi dan saran dari orang lain.

Berikut ini kita akan membahas tentang tips merawat bayi baru lahir supaya sehat. Tentunya semua orang tua mengharapkan atau menginginkan buah hatinya tumbuh sehat,gemuk dan kuat. kondisi fisik bayi setelah lahir itu akan mengalami penyusutan berat badan, itu dikarenakan bayai harus beradaptasi dengan lingkungan barunya. Oleh sebab itu peran orang tua khususnya para ibu sangat dibutuhkan dalam membantu tumbuh kembangnya anak. Dengan Ibu memberi ASI eksklusif saja kepada sang buah hati belum tentu bisa maksimal dalam membantu pertumbuhan bayi yang baru lahir agar sehat,gemuk dan kuat. Selain itu Anda juga harus memperhatikan tumbuh kembangnya bayi anda dengan baik. Berikut tips cara merawat bayi baru lahir supaya sehat.


Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir Supaya Sehat

Untuk mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat, maka diperlukan perlakuan khusus agar bayi anda dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Berikut beberapa tips cara merawat bayi baru lahir supaya sehat.

1. Tali pusat

Tali pusat menjadi urutan pertama dalam daftar cara merawat bayi baru lahir, karena banyak ibu baru yang masih bingung karenanya.

Merawat tali pusat itu harus hati-hati, dikarenakan tali pusat pada bayi yang baru lahir itu mudah terkena infeksi. Dan apabila tali pusat terkena air saat bayi sedang dimandikan, maka segera keringkan dengan menggunakan kasa steril atau bisa juga dengan menggunakan cotton buds.

Setelah bayi dimandikan, jangan bubuhi ramuan apapun pada pangkal tali pusat. Dan biasanya tali pusat pada bayi baru lahir itu akan putus antara 1-2 minggu setelah kelahiran, tapi bisa juga lebih cepat atau lambat.

setelah tali pusat pada bayi sudah putus, jika kotor segera bersihkan dengan menggunakan  baby oil dengan lembut dan penuh kehati-hatian.


Tips Cara Merawat Bayi Baru Lahir Supaya Sehat

2. Kulit

Kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitif. Bayi baru lahir minimal dimandikan sehari sekali
karena ia belum tahan dan terbiasa dengan dingin. entah itu dengan cara berendam di bak mandi khusus bayi atau dengan cara dilap dengan menggunakan waslap basah yang sudah diberi sabun bayi.

selanjutnya atur temperatur ruangan/kamar bayi senyaman mungkin. jangan sampai bayi merasa kepanasan. serta sirkulasi dalam kamaroun harus baik. Ini dilakukan untuk pencegahan munculnya biang keringat pada bayi.

3. Perhatikan juga pola buang air pada bayi

Buang air besar dan kecil biasanya sering diakukan oleh bayi yang baru lahir tidak memandang waktu. Hal ini merupakan kondisi yang normal terjadi. Ini menjadi tanda bahwa bayi tersebut mendapatkan asupan makanan yang cukup. Dan yang perlu anda perhatikan adalah biasakan untuk rajin menggaanti popok bayi. Karena jika ia sudah tidak nyaman dengan kondisi popok yang basah dan terasa berat maka bayi akan menangis. Perhatikan juga bagaimana keadaan atau kondisi air seni dan feses pada bayi. Apa bila kondisi air seni berwarna kuning maka bayi tersebut kekurangan cairan. Sedangkan untuk feses  bagi bayi yang menerima ASI Eksklusif itu bentuknya lunak dan tidak terlalu bau.

4. Perhatikan intensitas makan

Pada bulan-bulan pertama bayi akan merasa lapar, ini merupakan penyebab yang utama jika bayi anda menangis. Oleh sebab itu memberi makan pada bayi berupa ASI merupakan cara yang paling efektif untuk menghentikan tangisnya. Untuk pemberian asi setidaknya dilakukan 2 jam sekali. Meski resikonya anda harus memberi si kecil ASI sesering mungkin pada pagi,siang, sore dan pada malam hari. ini dikarnakan rasa lapar pada bayi merupakan sensasi dan pengalaman yang terbilang baru baginya. Buatlah jadwal memberi ASI atau susu formula agar bayi tidak kelaparan. Dengan begitu bayi anda akan tumbuh gemuk dan sehat.


5. Ciptakan kondisi dan suasana yang nyaman 

Penting bagi ibu untuk menciptakan kondisi dan suasana yang nyaman. Tempatkan bayi diruangan yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin juga silau. Bayi juga bisa rewel karena silau akan cahaya, karena itu sebaiknya pastikan cahaya lampu atau sinar matahari tidak jatuh tepat ke arah mataya. Pastikan ruangan yang digunakan bebas dari gigitan nyamuk dan juga serangga. Tidak dianjurkan untuk menggunakan obat pembasmi serangga di dalam kamar tidur bayi sebab racunnya akan menempel pada barang-barang si kecil. Untuk lebih amannya sebaiknya gunakan saja kain kelambu sebagai penutup. Sehingga bayi dapat istirahat dengan tenang. Sebab waktu istirahat adalah waktu bayi dalam masa pertumbuhan.   

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel