13 Tips dan Cara Alami Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

13 Tips dan Cara Alami Mengatasi Mual Saat Hamil Muda. Sebagai ibu hamil kondisi emosional dan fisik selalu berubah-ubah setiap waktunya, hal ini terjadi karena hormon yang tidak stabil di dalam tubuh sang ibu. Saat hamil muda yang sering ibu hamil alami adalah mual secara terus-menerus, baik itu saat pagi hari maupun malam hari. Lalu apakah itu hal wajar dan bagaimana cara mengatasi mual saat hamil muda tanpa harus mengkonsumsi obat ? Berikut penjelasannya.

Mual saat hamil muda atau saat hamil pada trisemester pertama merupakan hal wajar dan sering dialami oleh sebagian besar wanita. Banyak sekali penyebab mual saat hamil selain dari hormon yang meningkat seperti hal berikut.
tips dan cara mengatasi mual dan muntah saat hamil
1. Menderita Asam Lambung

Bagi ibu yang memiliki riwayat penyakit asam lambung atau biasa kita sebut dengan maag, mual saat hamil akan sering dialami dan bahkan lebih parah daripada ibu yang tidak memiliki riwayat penyakit tersebut. Yang sering dialami oleh ibu dengan asam lambung akan sering mengalami mual saat pagi hari sebelum perutnya diisi oleh makanan.

2. Hormon yang Meningkat

Hormon wanita yang disebut dengan hormon estrogen saat hamil akan meningkat dan selalu berubah-ubah dengan waktu yang tidak tertentu. Hormon estrogen ini akan mempengaruhi asam lambung sehingga akan timbul rasa mual.

3. Adanya Hormon HCG

Hormon HCG merupakan hormon yang tercipta karena adanya bayi atau lebih tepatnya ada plasenta di dalam rahim ibu. Saat melakukan tes urine kehamilan, hormon HCG menjadi pertanda adanya janin yang tumbuh di dalam rahim ibu. Oleh karena itu saat melakukan tespack hormon HCG ini akan terlihat dengan tanda muncul dua garis merah (positif). Dengan adanya hormon HCG tersebut maka ibu akan sering mengalami mual.

4. Psikologis

Faktor penyebab ibu mengalami mual saat hamil adalah psikologis. Perasaan dan pikiran yang mempengaruhi otak ibu akan tidak suka dengan suatu hal dapat memicu timbulnya rasa mual, seperti tiba-tiba alergi atau jijik dengan makanan tertentu.

5. Sistem Pencernaan yang Terdesak

Selain hamil muda, sebagian ibu mengalami rasa mual saat hamil hamil tua, hal ini disebabkan oleh bertambahnya ukuran janin di dalam rahim yang mendesak ke sistem pencernaan salahsatunya lambung. Selain mual, ibu hamil juga akan mengalami susah buang air yang disebabkan oleh usus yang terhimpit.

Walaupun mual saat hamil muda adalah hal wajar, sebagai seorang ibu tetap harus berhati-hati jika mual yang ibu rasakan berbeda dengan ibu hamil lainnya, karena ada juga kondisi mual saat hamil yang bisa membahayakan nyawa ibu dan juga anak yang sedang ibu kandung.

Mual yang disertai dengan muntah secara berturut-turut dan bahkan badan terasa lemas dan lesu tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa diperlukan penanganan serius dari rumah sakit. Mungkin saja ibu terindikasi penyakit hiperemisi gravidarum yang bisa membuat ibu dan bayi kekurangan cairan dan tenaga untuk bertahan hidup.

Banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi rasa mual saat hamil muda maupun hamil tua tanpa harus meminum obat yang mungkin saja obat tersebut bisa membahayakan keselamatan si janin. Berikut tips dan cara mengatasi mual dan muntah saat hamil muda secara alami tanpa obat.

1. Makan sedikit demi sedikit tapi sering

Mual biasanya akan disertai dengan muntah, oleh karena itu agar makanan yang dimakan tidak keluar lagi cobalah dengan makan sedikit demi sedikit tetapi sering, misalnya makan setengah porsi lalu diam dulu setengah jam dan makan lagi. Jika makan banyak secara langsung bisa memicu sugesti mual dan makanan akan dikeluarkan lagi, sehingga ibu akan sulit untuk makan nantinya.

2. Hindari apa yang ibu hamil tidak sukai

Biasanya ibu hamil lebih banyak tidak menyukai bau-bau yang beraroma tajam, seperti bau bensin atau bau masakan yang ibu tidak suka. Hindari bau-bau tersebut agar rasa mual ibu berkurang.

3. Sediakan makanan saat pagi hari

Sebelum beraktivitas, makanlah apa saja yang bisa ibu makan setiap pagi, seperti roti atau buah apel. Makanan tersebut sebagai pengganjel perut agar saat mual muntah nanti ibu tidak akan merasakan nyeri lambung dan lidah terasa pahit akibat cairan kuning yang keluar dari lambung.

4. Mengkonsumsi minuman tertentu

Saat mual datang, cobalah ibu untuk meminum sesuatu yang bisa menghangatkan perut dan meredakan rasa mual, seperti teh hangat dengan daun mint atau minuman jahe.
minuman penghilang rasa mual saat hamil

5. Hindari makanan yang berbau tajam dan penimbul gas

Selain bisa menimbulkan rasa mual, makanan dengan aroma menyengat dan penimbul gas tidak baik ibu hamil konsumsi karena bisa menimbulkan efek panas di perut dan bisa memicu terjadinya keguguran atau kelahiran prematur. Makanan yang sebaiknya ibu hamil hindari adalah nangka, durian, kol dan makanan hasil fermentasi yang mengandung alkohol seperti tape.

6. Hindari makanan pedas dan berlemak tinggi

Makanan pedas dapat memicu timbulnya rasa mual karena jika dikonsumsi maka asam lambung akan meningkat. Hindari juga makanan yang berlemak tinggi dan berminyak seperti gorengan karena makanan tersebut bisa menimbulkan rasa eneg di perut dan memicu terjadinya mual dan muntah.

7. Sering konsumsi buah

Buah yang aman bagi ibu hamil konsumsi bisa meminimalisir timbulnya rasa mual dan muntah. Konsumsilah buah yang kaya akan vitamin terutama vitamin C dan konsumsilah secara teratur setiap hari atau bisa ibu jadikan sebagai cemilan saat timbul rasa mual.

Selain dikonsumsi secara langsung, buah juga bisa ibu olah menjadi jus. Jus buah sangat disarankan untuk ibu hamil konsumsi setiap hari agar kebutuhan nutrisi bagi si janin tercukupi.

8. Minum air putih yang cukup

Kebutuhan air saat hamil bisa dikatakan bertambah karena ibu mengandung sang buah hati yang harus dipenuhi nutrisinya. Minimal konsumsi air putih saat hamil adalah 12 gelas perharinya, hal ini bisa bermanfaat untuk menghindari kekurangan cairan ketuban bagi si bayi. Selain itu, frekuensi muntah yang sering bisa memicu ibu terkena dehidrasi. Oleh karena itu minum air yang cukup bisa mengganti cairan yang hilang akibat dari muntah.

9. Olahraga dan aktivitas

Untuk menghindari rasa mual datang, sebaiknya ibu melakukan aktivitas ringan seperti jalan-jalan atau melakukan hobi yang biasa ibu lakukan sebelum hamil. Aktivitas ini bisa mengalihkan fikiran ibu untuk tidak mual. Selain itu aktivitas olahraga juga diperlukan agar kondisi badan ibu tetap fit dan bugar. Lakukanlah olahraga ringan khusus hamil seperti yoga dan senam hamil.

10. Istirahat yang cukup

Kebutuhan istirahat saat hamil lebih banyak dari sebelum ibu hamil. Istirahat bukan berarti ibu harus tidur dengan waktu yang lama, tetapi ibu bisa melakukan istirahat dengan tidak melakukan aktivitas yang berat seperti duduk dan bersantai sambil minum teh hangat agar rasa mual tidak datang lagi.

11. Hindari Stres

Stres bisa berpengaruh terhadap kondisi psikis ibu saat hamil dan bisa memicu timbulnya rasa mual dan muntah. Selain itu aktivitas ini bisa membahayakan kesehatan janin yang ibu kandung.

12. Terapi

Ibu bisa melakukan terapi akupuntur untuk memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu yang bisa mendatangkan rasa mual saat hamil. Namun terapi sederhana bisa ibu lakukan di rumah seperti menghirup aroma yang bisa menenangkan seperti aroma lavender. Selain itu ibu juga bisa menghirup udara segar setiap pagi agar kondisi psikis ibu tenang dan rileks.

13. Berbaring

Saat mual datang, cobalah ibu untuk berbaring. Dengan berbaring rasa mual akan sedikit terobati dan jangan lupa untuk mengatur pernafasan.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi mual dan muntah secara alami saat hamil muda maupun tua. Aturlah pola hidup anda saat hamil dn selalu perhatikan asupan gizi seimbang agar ibu tetap sehat dan bayi nantinya lahir selamat. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel