Loading...

7 Tips Merawat Bayi 1 Bulan Pertama yang Harus Ibu Diketahui

Merawat Bayi 1 Bulan atau bayi yang baru lahir yang masih berusia satu bulan memang cukup sulit bagi bunda yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman. Bunda yang baru pertama kali memiliki bayi tentu masih membuntuhkan bantuan orang tua atau mertua agar tak salah dalam hal merawat bayi yang justru bisa membahayakan sang bayi itu sendiri. Meski begitu, dalam diri bunda pastinya sudah memiliki insting seorang ibu untuk bisa merawat bayi secara mandiri.

Nah kali ini kami akan memberikan beberapa tips merawat bayi 1 bulan yang bisa bunda terapkan dalam kedupan baru sebagai seorang ibu. Tentu saja tips yang kami suguhkan tidaklah sulit untuk bisa bunda terapkan dan cenderung akan lebih menyenangkan terlebih bunda saat ini sudah resmi menjadi seorang Ibu dengan kehadiran buah hati yang sangat ditunggu-tunggu. Ada beberapa hal yang perlu bunda perhatian dalam merawat bayi baru lahir. Nah berikut rincian dan penjelasannya.
7 Tips Merawat Bayi 1 Bulan Pertama yang Harus Ibu Diketahui

1. Pantau dan Perhatian Perkembangan Berat Badan Buah Hati Bunda

Anda pasti senang ketika bayi anda pertama kali lahir memiliki berat badan yang ideal, itu tandanya bayi anda dalam kondisi sehat dengan perkembangan dan pertumbuhan yang sempurna. Namun anda tentu tak perlu khawatir ketika selang beberapa hari setelah lahir berat badan bayi anda akan berkurang.

Ya, hal ini lantaran pada saat bayi baru lahir memiliki banyak cairan dalam tubuhnya. Cairan ini akan menyusut dalam beberapa hari kedepan atau setidaknya dalam lima hari kedepan. Alhasil berat badan buah hati anda akan berkuran 1/10 dari berat badan bayi pertama kali dilahirkan.

Namun dalam lima hari pertama berat badan bayi anda akan mengalami kenaikan, dan selang lima hari berikutnya atau sekitar sepuluh hari berat badan bayi akan kembali seperti pertama kali dilahirkan. Nah kalau sudah mencapai berat semula, sebagian besar bayi akan mengalali pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Bayi anda akan naik 20 hingga 30 gram setiap harinya. Dan rata-rata akan memiliki berat 4 kilogram pada saat bayi anda berusia satu bulan.

2. Rawatlah dan Jagalah Kebersihan Tali Pusat Bayi Anda

Bayi yang baru lahir akan memiliki tali pusat yang menggantung pada bagian pusarnya. Tali pusat ini nantinya akan terlepas sendiri hingga bayi berusia 7 hari, tak sedikit pula tali pusat akan terlepas pada hari ke-13 atau ke-14. Yang perlu bunda lakukan adalah menjaga dan merawat tali pusat tersebut agar tetap steril sehingga tak mudah terkontaminasi oleh bakteri, hal ini cukup rentan jika terjadi infeksi.

Cara merawat bayi 1 bulan dengan tali pusatnya tidaklah terlalu sulit dan bahkan cukup mudah. Bunda hanya perlu memastikan tali pusat tersebut tetap bersih dan kering. Tak perlu menggunakan ramuan-ramuan atau jamu-jam untuk membantunya cepat terlepas atau tak perlu membungkusnya dengan kain kasa yang kering.

Jika bunda ingin memakaikannya popok jangan sampai tali pusat tertutupi. Hindari dari kontaminasi bakteri seperti feses bayi atau pipisnya. Waspada jika tali pusat berbau dan bernanah atau juga berwarna kemerahan karena bisa jadi terjadi infeksi pada tali pusatnya. Segeralah memeriksakannya ke dokter spesialis anak atau bidan terdekat.

3. Berikan Waktu Tidur yang Cukup untuk Si Kecil

Bayi baru lahir memang sudah sewajarnya aktifitasnya kebanyakan tidur dan minum susu (ASI). Kondisi bayi dengan tidur yang cukup yakni 20 jam setiap harinya adalah kondisi yang bagus. Tidurnya bayi memiliki durasi antara 20 menit hingga 4 jam. Hati-hati saat menidurkan bayi anda, siapkan alas tidurnya pada bagian yang rata, alasnya kalau bisa jangan terlalu lembut. Baringkan bayi dengan posisi terlentang yang membuatnya sangat nyaman agar terhindar dari SIDS(Sudden Infant Death Syndrome). SIDS atau bayi meninggal mendadak dengan tidak diketahui penyebabnya, namun kemungkinan besar dari posisi bayi yang salah termasuk saat dibaringkan.
Berikan Waktu Tidur yang Cukup untuk Si Kecil

Jangan menyimpan benda-benda yang bisa menutup wajah bayi anda, seperti menyimpan topi diatasnya namun tidak dipakaikannya,a palagi menyimpan selimut diatas kepala bayi tanpa anda jaga bayi anda. Agar bayi lebih nyaman, usahakan kondisi suhu didalam ruangan tetap sejuk , tidak panas apalagi terlalu dingin. Ruangan memiliki ventilasi yang cukup untuk sirkulasi udara yang baik, atur intensitas cahaya ruangan seperti lampu jangan terlalu terang yang justru bisa menyebabkan bayi kepanasan.

4. Ketahui Cara Memandikan Bayi 1 Bulan hingga 3 Bulan

Perawatan Bayi 1 bulan terutama memandikannya memerlukan pengetahuan lebih, pasalnya bayi baru lahir belum boleh untuk dimandikan lantaran masih memiliki lapisan lemak yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tetap hangat. Meski begitu, anda boleh menyekanya dengan kain halus yang sudah dicelupkan kedalam air hangat, itupun hanya boleh dilakukan setelah 6 jam setelah persalinan.

Apalagi bayi baru lahir masih memiliki tali pusatnya sehingga diuasahan jangan sampai basah. Untuk memandikan bayi masih bisa dilakukan dengan menyekanya dengan kain halus yang basah. Namun jika tali pusatnya sudah lepas atau sekitar 7 harian maka bayi boleh dimandikan dengan air hangat. Gunakan kosmetik bayi seperti sabun dan shampoo bayi berkualitas untuk menjaga kulit bayi tetap halus dan lembut.

Setelah dimandikan, gunakan baby oil dan minyak telon agar bayi terasa hangat serta kasih bedak khusus bayi. Kemudian pakainakn popok dan pakaian khusus bayi.

5. Ketahui Pola Buang Air Besar dan Air Kecil (BAB & BAK)

Bayi baru lahir akan mulai buang air kecil pada 24 jam pertama dan buang air besar pada 48 jam pertama. Setelahnya bayi anda akan "pipis" 5 kali hingga 6 kali dalam sehari dan buang air besar 3 hingga 4 kali dalam sehari. Kondisi bayi yang baik adalah warna urine nya jernih dan tidak pekat. Sementara fesesnya pertama kali akan sedikit kehitaman, kemudian di BAB berikutnya akan berubah kehijauan dan normalnya akan berwarna kuning. Namun jika kodisi feses tidak kuning dihari kelima sebaiknya bunda periksakan ke bidan, kondisi feses yang kurang ideal bisa disebabkan oleh kualitas ASI yang kurang baik atau bisa jadi karena bayi terkena dehidrasi.

Yang perlu bunda lakukan untuk perawatan bayi 1 bulan terutama setelah buang air kecil dan besar adalah segera mengganti popok atau bajunya yang tercecer oleh urine atau feses. Sebelum menggantinya terlebih dahulu harus dibersihkan dulu bagian tubuh bayi yang terkena feses, bisa menggunakan tisu basah dan diseka hingga bersih kemudian dikasih baby oil dan bedak khusus bayi, terakhir adalah gunakan popok, lebih baik popok kain. Cek disini : 50 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli.

6. Ketahui Tanda-tanda Ketika Si Kecil Lapar

Bayi baru lahir selain aktivitasnya adalah tidur juga menyusu. Bunda harus mengetahui jika sang buah hati tengah lapar dan ingin menyusu. Hal itu bisa diketahui dari beberapa tanda-tanda fisik yang bisa dilihat seperti buah hati anda tengah mengepalkan tangannya dan berusaha memasukannya kedalam ulutnya. Selain itu, bisa dilihat dari mulutnya yang seolah mengeluarkan suara seperti mengecap-ngecap.
Ketahui Tanda-tanda Ketika Si Kecil Lapar

Nah jika sudah demikian, segeralah bunda memberikannya ASI jangan sampai nunggu guah hati anda menangis terlebih dahulu. Jangan dijadwal soal pemberian ASI, berikan ketika bayi memang menginginkannya. Setelah menyusui jangan lupa membuatnya mencoba bersendawa dengan cara menggendong dan meletakkan si kecil di dada Ibu sembari ditepuk-tepuk lembut bagian punggungnya hingga bersendawa.

7. Ketahui cara Membersikan Mata, Telinga, Hidung hingga Kuku Buah Hati Anda

Anda bisa menggunakan bahan halus seperti kapas yang dibasahi untuk membersihkan bagian mata bayi anda. Mulailah dari bagian dalam mata atau dekat hidung kemudian menyusuri hingga kebagian samping. Sementara untuk telinga bisa menggunakan bahan yang sama atau cotton bud. Begitupun pada bagian telinga.

Merawat Bayi 1 Bulan pada bagian kukunya memang perlu dilakukan. Mengingat usia bayi tersebut pergerakan tangannya sudah mulai aktif. Anda harus memotong kuku-kukunya yang panjang agar tak melukai bagian wajah bayi dimana bayi sering sekali mencoba memasukan tangannya kemulut dan masih tidak bisa dilakukan sehingga sering mengenai bagian wajah, pipi hingga pelipis mata.

Nah demikiannya 7 Tips Merawat Bayi 1 bulan atau bayi baru lahir yang tentu saja hal ini cukup menyenangkan jika kita bisa melakukannya secara mandiri. Apalagi kita sangat mendambakan kehaditran buah hati kita dan bertekad akan merawatnya hingga tumbuh besar. Perlakukan bayi anda dengan penuh kasih sayang dan cinta agar bayi anda merasakan nyaman jika berada didekat anda.

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel