Loading...

10 Tips Merawat Bayi Demam yang Cepat Turunkan Panas

Bunda yang baru memiliki momongan ketika dihadapkan dengan kondisi bayi yang tiba-tiba nangis dan rewel yang susah berhenti pasti merasakan panik yang amat sangat. Bunda jadi khawatir akan kondisi bayinya, berbagai perasangka muncul jangan-jangan bayinya mengalami masalah kesehatan. Janganan rewel dan nangis yang keras, ketika bayi anda tiba-tiba muntah lantaran terlalu banyak "mimi susu" juga bikin kita panik bukan kepalang. Apalagi jika kondisi tersebut ternyata dibarengi dengan suhu tubuh buah hati yang terasa amat panas. Maka bisa jadi bayi anda tengah demam. Merawat bayi demam memang susah-susah gampang, namun akan menjadi sangat susah ketika kita tidak memiliki kemampuan mengobati layaknya seorang dokter.

Pada umumnya, kondisi suhu tubuh ideal berada dikisaran 36,5 hingga 37 derajat celcius. Namun jika ternyata hasil pengecekan dengan termometer anda suhu bayi anda mencapai lebih dar angka normal atau bahkan lebih dari 39 derajat celcius, maka bisa dipastikan bayi anda tengah demam. Hal ini harus segera mendapat penanganan khusus agar demamnya bisa turun reda. Jika dibawa ke dokter spesialis anak sudah pasti akan diberikan obat penurun panas. Namun jika kondisinya bunda tak memungkinkan dibawa ke dokter lantaran sudah malam atau tengah ada halangan, maka bisa mencoba cara-cara sederhana yang akan kami share dibawah ini. Sebelumnya anda bisa membaca terlebih dahulu tentang tips merawat bayi 1 bulan pertama yang tentu saja sangat membantu bagi bunda yang baru punya bayi.
10 Tips Merawat Bayi Demam yang Cepat Turunkan Panas

Kondisi bayi demam atau peningkatan suhu tubuh ini beberapa menyebutkan bukanlah sebuah penyakit melainkan reaksi dari tubuh lantaran ada benda asing yang masuk dan mengganggu tubuh ataupun ada infeksi didalam tubuh. Benda asing atau infeksi tersebut akan mengaktifkan sel-sel tubuh untuk yang kemudian mencoba menangkalnya. Reaksi tersebutlah yang menyebabkan suhu tubuh menjadi panas atau demam. Nah untuk lebih jelasnya, silahkan simak Tips merawat bayi demam dibawah ini.

Merawat Bayi Demam

1. Bunda Coba Tingkatkan Pemberian ASI

Bunda akan sulit mengetahui kondisi bayi yang tengah demam apakah ada reaksi yang normal atau justru abnormal. Hanya saja bunda bisa mengetahuinya dari prilaku bayi bunda sendiri seperti dibarengi dengan nangis dan rewel berlebihan, terlihat lesu dan tidak aktif, juga terlihat ada perubahan pada fisiknya seperti wajahnya kemerahan atau pucat.

Langkah pertama bagi bunda merawat bayi demam adalah dengan meningkatkan pemberian ASI pada bayi. ASI sendiri memiliki banyak manfaat serta kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Selain itu bayi yang demam membutuhkan nutrisi dan imunitas agar tidak terlalu lemas, sementara pada ASI sudah kaya akan nutrisi dan Imun. Seringnya bayi menyusu membuatnya sering buang air kecil sehingga hal itu sangat baik untuk menggantikan cairan yang hilang selama demam dan akan membantu mempercepat proses penurunan demam pada bayi.

2. Mengompresnya dengan Menggunakan Air

Hal yang bisa anda lakukan dalam merawat bayi demam adalah mengkompresnya. Hal ini memang sudah biasa dilakukan oleh sebagian banyak orang termasuk pada orang dewasa. Anda bisa mencoba mengompresnya dengan menggunakan handuk lembut atau kain lembut yang dibasahi dengan air hangat.

10 Tips Merawat Bayi Demam yang Cepat Turunkan Panas

Sebaiknya air hangat disesuaikan dengan suhu tubuh buah hati anda agar bayi tak merasa kedinginan dan menggigil. Mengompres pada bagian dahi bayi juga cukup efektip dalam menurunkan panas tubuh.

3. Anda dapat menggunakan Humidifier

Jika bayi anda terlihat susah bernafas bisa jadi demamnya mempengaruhi kondisi pernafasan bayi lantaran ada penyumbatan pada hidung. Anda bisa menggunakan alat humidifier yang bisa dibeli di apotek terdekat. Hanya saja cara ini kurang begitu kami sarankan jika tak mendesak. Pasalnya jangan terlalu berlama-mala dengan alat ini untuk bayi. Jika ingin lebih amannya melakukan kompres dengan air hangat seperti pada poin ke-2 diatas juga mampu membuka kembali hidung yang tersumbat.

4. Dengan Bantuan Sinar matahari

Sangat baik jika bayi anda setiap pagi terkena paparan sinar matahari, lakukan dibawah jam 9 atau 10 pagi karena sinar matahari yang masih baru muncul akan terasa lebih hangat. Hal ini akan membantu memperbaiki kondisi bayi yang kuning juga mampu meredakan panas demam. Lakukan minimal 5 hingga 10 menit setiap pagi. Bunda tak perlu membuka baju buah hati bunda dan coba paparkan sinar matahari keseluruh tubuhnya seperti depan, samping dan belakang.

5. Hindari Memakai Pakaian Tebal dan Ketat

Merawat bayi demam selanjutnya adalah dari sisi pakaian, anda tidak dianjurkan memakaikan baju yang tebal dan ketat, hal itu bisa saja membuat bayi kepanasan dan dehidrasi. Jika bayi kepanasan dan merasa gak nyaman dia akan nangis dan rewel. Sebaiknya gunakan bayi yang halus dan mampu menyerap keringat seperti dari bahan katun.

6. Bikin Bayi Anda Beristirahat

Tentu saja bayi yang demam membutuhkan banyak istirahat. Sebaiknya coba tidurkan bayi anda pada suhu kamar yang nyaman agar bayi bisa lebih nyenyak. Banyak istirahat pada bayi sangat membantu menurunkan suhu panas tubuhnya. Anda bisa menidurkan bayi sambil memberikannya ASI hingga tertidur pulas.

7. Bawalah Bayi Ke Dokter

Mungkin anda terlalu khawatir dengan kondisi bayi yang deman dan terus-terusan nangis. Anda sudah mencoba segala cara untuk menurunkan demam bayi atau anda memang tak mau sembarangan mencoba berbagai cara demi buah hati anda. Maka satu-satunya jalan adalah membawa buah hati anda ke dokter spesialis anak agar nantinya diberi obat penurun suhu panas bayi.

Nah itulah sedikit tips dari kami bagaimana merawat bayi demam panas yang semuanya bisa bunda lakukan dengan mudah. Yang pasti, bunda jangan terlalu panik dan harus tetap tenang. Hal ini agar bunda bisa lebih fokus terhadap usaha menurunkan panas bayi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi bunda sekalian dan bunda yang bayinya tengah demam semoga bisa lekas sembuh dan sehat kembali.

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel