Loading...

10 Makanan Penguat Kandungan Lemah Pencegah Keguguran dan Kelahiran Prematur

Makanan Penguat Kandungan dan Tips Mengindarinya. Perempuan mana yang tidak ingin bayi yang dikandung bisa lahir selamat dan sehat nantinya. Ya, sebagai seorang ibu yang sedang mengandung perlu memperhatikan kesehatan diri dan juga janin yang sedang dikandungnya, karena dengan kondisi keduanya yang sehat dan kuat maka ibu akan terhindar dari berbagai macam resiko kehamilan, seperti lemah kandungan, keguguran, kelahiran bayi prematur, kematian janin di dalam rahim, bayi cacat, dan lain sebagainya.
Makanan Penguat Kandungan dan Tips Mengindarinya
Mengenai lemah kandungan, hampir 60 persen perempuan di dunia mengalami keguguran dan kelahiran prematur akibat lemahnya kandungan. Lemahnya kandungan ini disebabkan oleh berbagai hal. Berikut penyebab kandungan lemah, diantaranya :

1. Kelainan bentuk rahim

Pada umumnya rahim memiliki bentuk seperti buah pir yang terbalik dengan panjang sekitar 7,5 cm dalam 2,5 cm dan lebar rahim 5 cm. Bentuk rahim yang berbeda dari bentuk pada umumnya bisa memicu terjadinya kemandulan pada wanita, janin tidak berkembang dan janin secara tiba-tiba meninggal di dalam kandungan karena tidak bisa tumbuh dan berkembang. Ada banyak jenis kelainan rahim yang bisa menyebabkan lemahnya kandungan, yaitu : Rahim Unicorniate, Rahim Didelphys, Rahim Septate, Rahim bicornuate, dan Rahim arcuate.

2. Gangguan sistem tiroid

Sistem kerja tiroid yang tidak stabil di dalam tubuh dapat mempengaruhi kesuburan pada wanita. Jika sistem kerja tiroid bekerja terlalu rendah (hipotiroidisme) maka akan menyebabkan hormon menekan ovulasi lebih tinggi, sedangkan jika sistem kerja tiroid bekerja terlalu tinggi maka bisa menyebabkan hormon estrogen bekerja terlalu tinggi dan efeknya bisa menyebabkan pendarahan dan kerusakan dalam rahim. Biasanya gangguan sistem tiroid pada remaja perempuan menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Tentu ini menjadi tanda lemahnya kandungan.

3. Adanya penyakit di dalam rahim

Tidak sedikit wanita yang tidak menyadari bahwa di dalam rahimnya terdapat penyakit yang bisa mempengaruhi resiko kehamilan dan terjadinya keguguran. Penyakit-penyakit tersebut seperti miom, kista, PCOS, dan Endometriosis.

Sebaiknya sebelum anda merencanakan kehamilan periksalah kesehatan anda dengan melihat apakah rahim anda sehat atau tidak dan terbebas dari penyakit-penyakit tersebut.

4. Gaya Hidup

Gaya hidup yang buruk bisa mempengaruhi lemahnya kandungan dan terjadinya keguguran atau kelahiran prematur. Wanita yang memiliki kebiasaan seperti merokok dan meminum minuman yang mengandung alkohol bisa memicu terjadinya resiko kehamilan.

5. Kelainan pembekuan darah

Wanita dengan kondisi seperti ini sangatlah rentan terhadap lemahnya kandungan dan terjadinya keguguran berulang. Maka sebelum merencanakan kehamilan anda perlu melakukan tes darah terlebih dahulu. Jika terlanjur hamil, tes darah ini tetap dilakukan agar anda mendapat perhatian lebih terhadap kandungan anda.

Selain penyebab di atas, penyebab lainnya seperti ibu dengan penyakit diabetes dan gangguan sistem kekebalan tubuh dapat menjadi penyebab lemahnya kandungan dan terjadinya keguguran atau bayi lahir dalam kondisi cacat.

Penyebab kandungan lemah tersebut perlu anda hindari dan selalu memeriksakan diri ke dokter spesialis jika memang anda mengalami salah satu masalahnya. Dokter bisa saja memberi obat penguat kandungan agar kandungan anda tetap bisa dipertahankan sampai hari kelahirannya. Namun yang namanya obat tetap saja obat dan tidak baik dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang apalagi anda sedang mengandung.

Tidak perlu mengkonsumsi obat penguat kandungan, karena sebetulnya makanan di sekitar anda yang sering anda konsumsi bisa memperkuat rahim anda dan menghindari terjadinya lemah kandungan yang bisa menyebabkan keguguran.

Makanan Penguat Kandungan

1. Telur

Makanan yang bisa memperkuat kandungan adalah makanan yang mengandung sumber protein yang tinggi dan salah satunya adalah telur.
makanan penguat kandungan
Dalam satu butir telur mengandung sekitar 7 gram protein dan memiliki kandungan omega 3 yang baik untuk kesehatan rahim dan baik untuk pertumbuhan janin. Berbagai jenis telur sangat baik bagi ibu hamil konsumsi baik itu telur ayam, bebek, puyuh, dan lain sebagainya.

Sejak kehamilan trisemester pertama sampai terakhir sebaiknya ibu konsumsi telur setiap hari agar rahim tetap kuat dan janin bisa tumbuh dengan sempurna. Ibu bisa merebusnya atau menggorengnya.

2. Kecambah atau Touge

Sejak dulu tanaman yang baru lahir ini memiliki khasiat bisa mempercepat kehamilan bagi yang ingin cepat hamil. Selain itu, ternyata kecambah atau touge bisa menyuburkan dan memperkuat rahim karena mengandung vitamin E yang cukup tinggi.
toge penguat kandungan dan penyubur kehamilan
Anda bisa mengkonsumsi toge ini setiap hari dengan cara dijadikan sebagai lalapan atau diolah menjadi sayur soup.

3. Kacang-kacangan

Semua jenis kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Seperti pada kacang polong yang mengandung sekitar 12 sampai 15 gram protein di dalamnya. Dengan mengkonsumsi kacang-kacangan ibu bisa terhindar dari kandungan lemah.
makanan penguat kandungan
Adapun jenis kacang-kacangan yang bisa ibu konsumsi adalah kacang kedelai yang mengandung protein, isoflavon, asam phytc, serta saponin yang bisa mencegah terjadinya penyakit jantung kanker pada ibu hamil, dan kacang hijau yang bisa menstabilkan HB dalam tubuh sehingga ibu hamil terhindar dari pendarahan setelah proses persalinan.

4. Makanan yang kaya dengan asam folat

Asam folat banyak terkandung pada jenis buah-buahan dan susu. Asam folat sangat baik bagi kesehatan rahim agar terhindar dari lemahnya kandungan. Oleh karena itu banyak yang menyarankan saat merencanakan kehamilan sebaiknya ibu mengkonsumsi susu hamil yang mengandung asam folat. Selain susu, asam folat juga terkandung dalam buah seperti alpukat dan pisang. Bagi anda yang merasa kandungan anda lemah sebaiknya konsumsilah buah tersebut setiap hari agar terhindar dari kehamilan yang beresiko.
asam folat penguat kandungan
5. Makanan laut

Seperti ikan dan udang mengandung protein yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk menguatkan kandungan dan menghindari kecacatan pada janin. Namun ibu juga perlu memperhatikan makanan tersebut, jangan sampai makanan laut tersebut dikonsumsi secara mentah seperti sushi karena mengandung bakteri yang bisa membahayakan kandungan. Selain makanan yang berasal dari laut, ibu juga bisa mengkonsumsi jenis ikan dari air tawar.
ikan penyubur dan penguat kandungan
6. Sayuran hijau

Sayuran hijau sangat bermanfaat bagi rahim agar basa dalam rahim menjadi seimbang. Jika kadar asam dan basa dalam rahim baik maka proses kehamilanpun akan baik pula dan terhindar dari keguguran.
makanan penguat kandungan
Manfaat tersebut bisa anda dapati dari sayuran hijau tua seperti bayam, kangkung, brokoli, kale, dan lain sebagainya. Anda bisa menjadikannya sebagai salad atau menjadi lalapan saat makan.

7. Yogurt

Yogurt mengandung kalsium yang cukup tinggi seperti susu sehingga sangat baik dikonsumsi ibu hamil agar pertumbuhan tulang janin tumbuh secara optimal. Selain kalsium, yogurt juga memiliki kandungan protein yang bisa menghindarkan ibu dari kandungan lemah/rahim lemah. Bahkan dokter menyarankan ibu hamil konsumsi yogurt setiap hari.
yogurt oenguat kandungan
8. Buah Berry

Buah berry mengandung vitamin C, asam folat, kalium dan juga serat yang apabila dikonsumsi rutin bisa menguatkan kandungan. Adapun jenis buah berry yang bisa ibu hamil konsumsi adalah blueberry dan raspberry.
makanan penyubur dan penguat kandungan
9. Madu

Madu sebagai obat alami bisa ibu konsumsi untuk menguatkan kandungan. Kandungan glukosa alami di dalamnya bisa menambah stamina ibu saat hamil dan terhindar dari penyakit anemia.

Konsumsilah madu secara rutin agar kandungan ibu tetap sehat dan kondisi anda tetap fit walaupun sedang beraktivitas.

10. Kurma

Sama halnya dengan madu, kurma juga mengandung gula alami yang sangat baik bagi tubuh apalagi itu untuk ibu hamil. Kurma dan madu merupakan obat alami yang sudah tercantum di dalam Al-quran yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit, dan slaah satunya untuk menguatkan kandungan. Selain itu kurma juga sangat baik bagi pertumbuhan janin dan nantinya anak anda akan cerdas dan terpuji perilakunya.
madu dan kurma penguat kandungan
Selain makanan yang ibu konsumsi, ibu juga perlu memperhatikan berbagai hal lain agar kandungan ibu tetap kuat dan terhindar dari keguguran. Berikut tips menjaga kandungan yang lemah.
  1. Selalu periksakan diri ke bidan atau klinik kesehatan khusus ibu hamil agar kandungan tetap sehat dan tenaga medis memberikan saran yang tepat untuk menjaga kandungan anda.
  2. Hindari pekerjaan yang berat seperti mengangkat benda atau pekerjaan yang bisa membuat perut menjadi sakit.
  3. Selalu konsumsi vitamin dan makanan yang bisa memperkuat kandungan.
  4. Jika tiba-tiba perut sakit atau ada yang keluar dari jalan lahir(V) maka segera periksakan ke bidan atau jika perlu ke dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan penanganan.
Itulah beberapa makanan yang bisa menguatkan kandungan dan tips menjaga kandungan yang lemah. Semoga bermanfaat dan selalu jaga kandungan anda, karena si buah hatilah yang bisa melengkapi hidup anda saat ini dan selamanya.

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel