Loading...

Simulasi Realistis Biaya Pernikahan Sederhana yang Harus Dipersiapkan

Simulasi Biaya Nikah Sederhana. Ada banyak orang yang ingin melangsungkan pernikahan dengan acara yang cukup mewah dan meriah karena menikah dianggap sesuatu yang sakral yang harusnya hanya dilakukan satu kali seumur hidup. Maka acara yang mewah dan meriah akan memberikan kesan yang tak terlupakan. Bukan hanya itu saja, gengsi yang tinggi mendorong seseorang untuk mengeluarkan banyak uang hanya untuk sebuah pernikahan. "Kata si mamah, Malu lah sama tetangga atau sama kolega, masa acara nikahnya sederhana banget".

Tapi banyak juga ko yang berpendapat pernikahan tidak usah terlalu mewah, yang penting kan "ijab kabul" sehingga sudah sah secara agama dan negara menjadi sepasang suami istri. Lagian, demi sebuah pernikahan yang mewah yang hanya dilaksanakan satu hari harus menggelontorkan uang hingga puluhan bahkan ratusan juta, menurutnya, kehidupan yang sebenarnya adalah setelah sah menjadi sebuah keluarga dan disana harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Mulai dari Mengatur keuangan, mempersiapkan usaha keluarga, mempersiapkan masa depan keluarga dan lain sebagainya. Sayang, uang yang sangat besar harus habis dalam sehari demi sebuah acara pernikahan yang mewah, lebih baik acara pernikahan biasa yang minimalis dengan budget minim sehingga pas menjadi keluarga ada uang sisa yang bisa digunakan untuk usaha dan lain sebagainya yang lebih bermanfaat.
Rincian Biaya Pernikahan Sederhana
Nah kali ini kami akan berikan informasi simulasi realistis biaya pernikahan yang paling sederhana. Ini sesuai yang kami alami sehingga kurang lebihnya kamu mendapatkan bayangan kira-kira berapa sih biaya yang harus dipersiapkan untuk sebuah acara pernikahan yang sangat sederhana. Berikut rinciannya.

1. Biaya Administrasi KUA

Tentu saja menikah harus melibatkan pihak KUA agar nantinya pernikahan kamu tercatat di pemerintah dan kamu mendapatkan dua buku nikah. Administrasi ini meliputi beberapa hal yang harus dilengkapi, seperti pembuatan NA (N1-N4), biaya cek kesehatan dan lain sebagainya. Kamu bisa cek lebih jelasnya di artikel sebelumnya tentang : Biaya, Tata Cara dan Syarat Nikah di KUA.

Nah kami akan simpulkan kembali, nanti kalau persayaratannya sudah kamu lengkapi dan di berikan ke KUA, maka kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp.600.000. Biaya ini harus kamu transfer ke Kemenag melalui BANK BRI, pokoknya slip atau lembar transfernya sudah disiapkan dari KUA jadi kamu tinggal isi data saja, dan nanti di kantor BANK BRI gak perlu isi data lagi, tinggal menuju Teller dan Transfer saja. Lembar transfer nanti kasihkan ke KUA sebagai bukti, dan satunya lagi kamu pegang. SELESAI!

Usahakan, administrasi KUA harus selesai prosesnya 10 hari sebelum acar nikah dilaksanakan, hal ini agar buku nikah selesai dicetak dan bisa diberikan pada saat kamu menikah.

Biaya Nikah atau penghulu dari KUA atau petugas KUA yang diundang datang kerumah kamu itu terserah kamu mau kasih berapa. Dengar-dengar sih gak ada biaya tambahan karena termasuk pungli. Tapi memang setiap daerah berbeda. Karena kami dinikahkan oleh Paman yang kebetulan kepala KUA di kecamatan saya, maka tak dikenakan biaya. Kalau memang ala kadarnya, kamu siapin aja seikhlasnya.

Kesimpulan: 
  • Tes Kesehatan: Rp.50.000 - Rp.100.000
  • Biaya Administrasi KUA: Rp.600.000
  • Biaya lain-lain: Rp. 150.000
2. Mendekorasi Rumah dan Ruangan

Jika kamu mau yang lebih sederhana ibaratnya hanya syukuran saja rasanya tak perlu berlebihan dalam mendekorasi ruangan atau rumah. Mungkin hanya perlu mengecat beberapa dinding yang sudah agak kusam sehingga terlihat lebih baru dan bersih.

Jika memang berniat mendekorasi ruangan dengan menyewa alat-alat dekorasi juga bisa dilakukan dan masih cukup terjangkau. Ditempat kami, menyewa alat-alat dekorasi ruangan seperti kain penutup langit-langit dan dinding, kursi pengantin dan lain sebagainya kurang lebih dikenakan antara Rp.1,5 juta hingga Rp.3 jutaan. Termasuk kursi-kursi pelastik dengan jumlah tak terlalu banyak.

Kesimpulan:
  • Biaya Nikah Sederhana untuk Dekorasi ruangan : Rp.3.000.000
3. Catering, Makanan, Jamuan

Nah karena kami melaksanakan acara pernikahan dirumah dan tidak digedung sehingga masalah makanan untuk jamuan kami masak sendiri, tidak menggunakan jasa catering. Bagian ini yang membuat biaya pernikahan terasa membengkak. Apalagi kita tahu bahan-bahan pokok untuk masakan harganya selalu fluktuatif dan terkadang makin mahal.

Bahan utama yang harus ada ya seperti daging sapi atau kerbau, sate, kentang, sayuran, buah-buahan dan lain sebagainya. Untuk acara sederhana dengan jumlah tamu sekitar 700 hingga 1000 orang mencapai Rp.10 juta hingga Rp.15 jutaan.

Kesimpulan: 
  • Biaya Masakan: Rp.15 jutaan.
4. Baju pengantin dan Rias

Jika anda ingin terlihat lebih elegan, mungkin anda bisa menggunakan gaun pengantin atau baju pengantin perpasangan. Tapi jika ingin terlihat sederhana yang laki-laki bisa menggunakan kameja putih yang bersih dengan jas, Bagi wanitanya bisa menggunakan baju busana muslim yang paling bagus dan di "make up" sedemikian rupa sehingga tampil sangat cantik.

Atau pengantin wanita bisa menyewa baju pengantin sekaligus riasnya. Biayanya variatif mulai dari Rp.250 ribuan saja yang sederhana.

Kesimpulan:
  • Beli Kamera dan celana: 250.000
  • Baju pengantin Wanita dan rias: 250.000
6. Mas Kawin dan Barang Seserahan

Biaya Nikah Sederhana selanjutnya adalah Mas kawin yang sangat penting dan harus ada. Saat ini rata-rata mas kawin pernikahan adalah 10 gram, tapi itu tergantung sekemampuan kamu, bisa juga 5 gram, atau 1 gram juga gak apa-apa. Kita ambil biasanya orang yakni 10 gram. Kalau harga emas hari ini 1 gramnya Rp.530.000 maka kalau 10 gram sudah Rp.5,3 jutaan.

Biaya barang-barang seserahan seperti kue, bedcover, dan lain sebagainya taruh saja Rp.4 jutaan.

Kesimpulan:
  • Mas Kawin: Rp.5.300.000
  • Barang Seserahan: Rp.4.000.000
Nah, mari kita hitung biaya total dari estimasi realistis biaya pernikahan sederhana diatas:
  • Biaya Administrasi KUA: Rp.850.000
  • Mendekorasi Rumah dan Ruangan : Rp.3.000.000
  • Catering, Makanan, Jamuan: Rp.15.000.000
  • Baju pengantin dan Rias: Rp.500.000
  • Mas Kawin dan Barang Seserahan: Rp.9.300.000
Total Estimasi Biaya Pernikahan Sederhana: Rp.28.650.000

Nah dari data diatas jadi kamu harus mepersiapkan dana sekitar Rp.28,6 juta untuk acara pernikahan sederhana. Waww!! Lumayan gede bukan?? Duit dari mana coba, harus nyari dari mana??

Nah disinilah Kuasa Allah SWT, siapapun hambanya yang hendak melaksanakan niatan baik semata-mata demi mencari Ridha Allah SWT, maka disana akan ada kemudahan. Saya sendiri pas waktu akan menikah hanya memiliki uang sekitar Rp.5 jutaan saja dan hanya cukup untuk membeli mas kawin saja. Waktu itu Rp.3 juta saya belikan mas kawin dan Rp.2 juta saya berikan ke calon mertua untuk tambah-tambah biaya jamuan.

Memang rencananya kami menikah hanya ingin syukuran saja, tanpa ada hajatan dan hiburan. Acara ijab kabulpun kami niatkan dilaksanakan pada malam hari. Namun kenyataannya pihak wanita (Istri Saya) siangnya ngadain acara biasa dengan merias rumah secara sangat sederhana, masak-masakan untuk para tamu karena di tempat kami tak perlu pakai undanganpun tamu yang hadir sangat banyak. Kurang lebih acara diluar keinginan kami dan sama persis seperti rincian acara pernikahan sederhana diatas. Kabarnya pihak meruta habis sekitar Rp.20 jutaan. Jika ditambah dengan mas kawin dari saya dan barang seserahan maka pas kurang lebihnya sekitar Rp.26 jutaan.

Jadi, itulah rincian estimasi biaya pernikahan sangat sederhana. Jika kamu berencana menikah, maka persiapkan dana tersebut. Tapi semuanya akan terasa ringan jika dana ditanggung kedua belah pihak. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi anda sekalian.

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel