Loading...

Pengertian dan Makna yang Terkandung dalam Keluarga Sakinah Mawaddah Warohmah

Pengertian dan Makna yang Terkandung dalam Keluarga Sakinah Mawaddah Warohmah. Ketika ada orang yang menikah telinga kita tak asing mendengar kata sakinah, mawaddah dan warrohmah. Kata-kata tersebut sering kita dengar dan bahkan kita ucapkan sendiri sebagai doa bagi siapa saja yang menikah. Namun apakah kita sudah tahu apa arti dan makna dari kata-kata tersebut?

Islam adalah agama yang penuh dengan kasih sayang terhadap sesama muslim dan bahkan kepada yang berbeda agama pun saling mengasihi dan menyayangi. Ketika ada saudara sesama muslim yang terkena musibah tak luput dari doa yang dipanjatkan, begitu juga ketika ada kebahagiaan seperti halnya menikah, sebagai saudara seumat dan seagama tak lepas juga dari yang namanya doa.

Doa-doa yang sering kita dengar dan bahkan kita ucapkan sendiri bagi yang menikah adalah agar setelah menikah mereka menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrohmah. Apa itu sakinah, mawaddah dan warrohmah ? Berikut penjelasannya untuk anda.
arti dan makna sakinah, mawaddah, dan warrohmah

Pengertian dan Makna Sakinah, Mawaddah, Warrohmah

Pengertian dan Makna Sakinah

Sakinah berasal dari bahasa Arab yang artinya kedamaian, tentram, tenang, dan aman. Hal ini berarti keluarga yang sakinah adalah keluarga yang penuh dengan kedamaian di dalamnya. Dalam hubungan berumah tangga kedamaian dan ketentraman sangat diperlukan agar hubungan pernikahan langgeng sampai maut memisahkan.

Setiap hubungan pernikahan tentu tak lepas dari masalah. Ketika permasalahan muncul akan menimbulkan konflik antara suami dan istri. Sebagai orang yang berperan dalam rumah tangga baik suami ataupun istri harus bisa mengatasi permasalahan tersebut agar kedamaian dan ketentraman bisa tetap terjaga dengan baik. Di sinilah kita sebagai manusia yang hidup berumah tangga harus mempelajari bagaimana caranya supaya hubungan pernikahan selalu sakinah.

Pengertian dan Makna Mawaddah

Mawaddah berasal dari bahasa Arab yang berarti cinta atau harapan. Rasa cinta mungkin sudah ada sejak kita mengenal pasangan yang akan mendampingi hidup kita, namun cinta ini tidak hanya ditanam saat kita baru mengenal pasangan hidup kita saja. Setiap saat setiap waktu dan selamanya cinta harus tetap tumbuh agar mendapatkan keharmonisan dan hubungan awet dan langgeng dalam berumah tangga.

Selain cinta arti dari kata mawaddah itu sendiri adalah harapan. Semua orang pasti memiliki harapan, cita-cita atau tujuan. Harapan inilah yang selalu muncul saat berumah tangga. Berbagai macam harapan dari masing-masing harus dirundingkan untuk mendapatkan solusi dan cara terbaik untuk mencapai harapan tersebut. Dalam hal ini komunikasi yang baik dan saling mengerti adalah kunci agar tujuan mawaddah dalam rumah tangga tercapai.

Pengertian dan Makna Rohmah

Wa Rohmah berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti kasih sayang (rohmah) sedangkan kata Wa hanyalah sebagai kata penghubung (dan) dari sakinah dan mawaddah. Kasih dan sayang menjadi penentu hubungan rumah tangga yang dijalin awet atau tidak, karena banyak yang berpisah karena tidak adanya rasa kasih dan sayang yang diberikan baik itu oleh kedua pasangan atau salah satu pasangan saja.

Untuk mendapatkan keluarga yang rohmah diperlukan perhatian dan pengertian oleh suami dan istri. Sebagai istri harus selalu memberikan perhatian kepada suaminya seperti membuatkan minum untuk suami saat pulang kerja atau menyetrika bajunya agar rapi, dan atau suami yang memberikan perhatian saat isti sedang hamil dengan tidak banyak melakukan pekerjaan rumah dan suamilah yang berperan di sini. Kasih sayang atau rohmah pun akan tercapai dengan perhatian dan pengertian dari keduanya.

Ketiga kata tersebut Allah jelaskan juga di dalam Al-quran Surah Ar-Rum ayat 21. Allah SWT berfirman :
hadis Al-quran tentang sakinah, mawaddah, dan warohmah
Artinya : "Di antara tanda-tanda (kemahaan-Nya) adalah Dia telah menciptakan dari jenismu (manusia) pasangan-pasangan agar kamu memperoleh sakiinah disisinya, dan dijadikannya di antara kamu mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya dalam hal yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kemahaan-Nya) bagi kaum yang berpikir." (QS. Ar-Rum : 21)

Kesimpulan dan makna yang bisa kita ambil dari penjelasan di atas adalah kita sebagai manusia yang menjalin hubungan pernikahan harus di dasari dengan ketiga aspek tersebut. Selain itu pengertian, perhatian, dan komunikasi yang baik antarkedua pasangan harus selalu tercipta agar hubungan tetap dirahmati dan diridhoi oleh Allah.

Baca juga : 7 Tips Hubungan Pernikahan Langgeng dan Harmonis

Semoga kita menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan rohmah dan semoga penjelasan mengenai pengertian dan makna dari ketiga kata tersebut yaitu sakinah, mawaddah dan warohmah bisa menambah pengetahuan kita mengenai cara berumah tangga yang baik. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel