Loading...

3 Amalan Untuk Wanita Hamil, Doa Mudah Bersalin, dan Cara Menyambut Kelahiran Anak

Nikahblog.Net. Assalamualaikum warrohmatullohi wabarokatuh. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, aamiin. Selamat siang bunda, bagaimana kabarnya, apakah bayi dalam kandungannya sehat? Siapa sih yang gak mau kandungannya sehat dan selalu dilindungi oleh Allah? Apalagi saat nanti bersalin yang dibutuhkan tenaga ekstra untuk mengeluarkan bayi dari perut. Tak sedikit ibu yang bersalin meninggal dunia karena komplikasi saat proses melahirkan. Adapun penyebab lainnya mengapa saat bersalin bisa meninggal dunia, yaitu, pendarahan, infeksi atau sepsis, anemia atau kekurang darah, hipertensi sehingga menyebabkan kejang, serangan jantung, hepatitis, dan ukuran bayi yang tidak sebanding dengan panggul ibu.

Kematian saat bersalin bisa terjadi kepada siapa saja, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Namun sudah menjadi kewajiban kita sebagai calon ibu yang mengandung bayi di dalam perut selalu menjaga kesehatan dan selalu berdoa agar bayi dalam kandungan sehat dan sempurna dan saat bersalin selamat.
doa dan amalan ibu hami, bersalin, dan menyambut anak
Banyak amalan yang bisa ibu lakukan agar bayinya selalu dalam lindungan Allah SWT, baik itu saat mengandung maupun melahirkan. Amalan-amalan ini berupa doa yang selalu dibaca setiap hari dan bahkan sengaja didengarkan kepada bayi dalam perut. Berikut beberapa amalan yang bisa ibu baca setiap hari tentang kehamilan yang kami ambil dari sebuah buku yang berjudul "AMALAN UNTUK PEREMPUAN HAMIL". Sumber : Unit Dakwah Bil Hal, Bahagian Dakwah, Jabatan Agama Islam Johor.

Amalan Untuk Wanita Hamil/ Sedang Mengandung

Sebagai seorang calon ibu apalagi yang akan memiliki anak pertama dalam pernikahannya, harus selalu memeriksa kandungannya rutin setiap bulan ke bidan atau ke dokter spesialis kandungan agar bayi yang ada dalam kandungan selalu terlihat perkembangannya. Selain selalu memeriksa kandungan, ibu hamil juga harus bisa mengatur asupan makanan yang dikonsumsi karena yang makan tidak hanya ibu saja tapi sang bayi pun ikut makan. Tidak hanya itu, perempuan yang sedang hamil juga harus terus berdoa agar bayi yang dikandung selalu dilindungi oleh Allah SWT dan kelak anak tersebut menjadi anak yang soleh maupun solehah.

Amalan doa yang bisa ibu baca saat hamil adalah bacaan-bacaan dari Al-quran. Bacalah Al-quran setiap hari dan usapkan kepada perut atau ajak anak dalam kandungan untuk membaca Al-quran. Amalan lainnya yang bisa ibu baca saat hamil adalah :

1. Membaca Surah Al-Fatihah
2. Membaca surah Al-Falaq
3. Membaca surah An-Nash
4. Niat memohon keselamatan diri dan anak di dalam kandungan
5. Membaca bacaan berikut :

a. Ya Latif (200 x)

b. Ya Hofiyya al tofi najjani mimman ahof (50 x)

c. Robba yassar wala tu'assar ya kariim (50 x)

d. Allohuma yassar wala dati taisiro, wasallamni wasallam ma fi batni waatil hayati, wahayata waladi fi to'atika waridhoka biromatika ya arhamarrohimin (41 x)

e. Baca doa berikut ini :
Allohummahfadwaladi ma dama fi batni wasyfihi 'angta syafi la syifa-a illa syifauka syifaal layugodiru saqoman. Allahumma showarhu hasanatan watsabat qolbahu imanam birohmatika wabirosulika. Allahumma ahrijhu mimbatni wakta wiladati sahlan watasliman. Allahummaj'alhu shohihan kamilan wa'aqilan hadiqon 'aliman 'amila. Allahumma towwal 'umrohu washohhah jasadahu wahassan khuluqohu wafshoh lisannahu waahsin shoutahu liqiroatil haditsi walqurani bibarokati muhammadin sholallohu 'alaihi wasallama walhamdulillahi robbil'alamin
f. Baca :
La ilaha illa angta subhanaka inni kungtu minaddolimin

Amalan Doa Untuk Mudah Bersalin (Selusuh)

Saat akan bersalin atau melahirkan jangan lupa untuk berdoa agar persalinan lancar, selamat, dan bayi yang dilahirkan sempurna tanpa ada kecacatan fisik maupun mental. Berikut doa-doa yang harus dibaca ketika akan bersalin.

1. Membaca surah Al-Fatihah
2. Membaca surah Al-Falaq (3x)
3. Membaca surah An-Nas (3x)
4. Membaca Ayat Kursi
5. Membaca surah Al-Hasy ayat 21 sampai 24
bacaan untuk perempuan yang bersalin
Artinya : "Kalau sekiranya Kami menurunkan Al Qur'an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir. (21) Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. (22) Dia-lah Allah Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Allah dari apa yang mereka persekutukan. (23) Dia-lah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai Nama-Nama Yang Paling baik. Bertasbih kepada-Nya apa yang ada di langit dan di bumi. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (24)"
6. Membaca surah Yunus ayat 3
bacaan doa ibu hamil dan bersalin
Artinya : "Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa'at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran?"
7. Membaca surah Al-A'raf ayat 54
bacaan saat ibu bersalin
Artinya : "Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam."
8. Membaca surah Insyiqaq ayat 14
bacaan doa untuk ibu hamil dan bersalin
Artinya : "Sesungguhnya dia yakin bahwa dia sekali-kali tidak akan kembali (kepada Tuhannya)"
9. Membaca doa berikut :
Hanna waladat maryama wamaryamu waladat 'isa ukhruj ayyuhal mauludu biqodroti malikil ma'bud
10. Membaca doa :
Allahumma la sahlan illa ma ja'altahu sahlan wa'angta taj'alu khojna ingsyita sahlan
11. Membaca bacaan :
Subhanallohil'adzim, ya hayyu ya qoyyum

Cara Menyambut Kelahiran

1. Mengucap rasa syukur kepada Allah SWT, yaitu dengan mengucap 'Alhamdulillah'

2. Sujud syukur dan membaca doa :
Burroka fil mauhubi wasyakartu fil wahibi waballag asyuddahu warujiqta wabirrohu
3. Diadzankan di telinga kanannya dan di qomatkan di telinga kirinya

4. Bacakan pada telinga kanan bayi surah Al-Qadr
surah yang dibaca untuk menyambut kelahiran anak
Artinya : "Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemulian (1) Dan tahukan kamu apakah malam kemuliaan itu? (2) Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (3) Pada malam itu turun malaikat-malaikan dan malaikan Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan (4) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar (5)"
5. Dibacakan pada telinga kirinya surah Al-Ikhlas 3 kali

6. Bacakan pada ubun-ubunnya surah Al-Insyirah
cara menyambut kelahiran anak
Artinya : "Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?(1) dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu(2) yang memberatkan punggungmu? (3) dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu (4) karena Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan (5) Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. (6) Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, (7) dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap (8)"
7. Bacakan :

a. Surah Al-Ikhlas 3x
b. Surah al-Falaq 3x
c. Surah An-Nas 3x
Lalu tiupkan ke seluruh anggota badan bayi dan dibacakan doa berikut :
'uidu bikalimatillahit tammati mingkulli syaitoni wahammati wamingkulli 'aini lammatin
d. Baca surah Al-Baqarah ayat 128
e. Baca surah Al-Imran ayat 36
f. Baca surah Al-Haj ayat 17
g. Baca surah Al-Furqan ayat 74

8. Ditahniqkan atau mengusapkan dengan tamar atau madu atau kismis atau kurma atau sesuatu yang manis ke bibirnya dan simasukkan ke dalam mulutnya dengan ditekankan perlahan-lahan di langit-langit mulut bayi, seraya membaca :

a. Surah Taha ayat 25 sampai 28
b. Surah As-Syura ayat 84
c. Surah Al-Isra ayat 80

9. Lalu beri minum air zam-zam seraya berdoa :
Allahumma inni asaluka 'ilman nafi'an warijqon wasi'an wasyifa-an mingkulli dai
10. Sunah dicukur rambut bayi pada hari ke tujuh setelah dilahirkan dan setelah disembelih akikah, kemudian rambut yang dicukur ditimbang dengan nilai emas atau perak, kemudian disedekahkan kepada fakir miskin.

11. Disunahkan memotong kuku dan membersihkannya.

12. Sunah diberikan nama yang baik pada hari ke tujuh

13. Wajib dikeratkan pusat kanak-kanak itu selepas ia dilahirkan

14. Wajib berkhatan kepada anak laki-laki dan sunat kepada anak perempuan (sunat disegerakan pada hai yang ke tujuh)

15. Ketika menidurkan anak dibuaian tau dimana saja, sewajarnya didodoikan dengan kalimat-kalimat yang mulia seperti : La ilaha illallahul malikul hakkul mubin, muhammadarrosulullah, asshodiqol wa'dil amin

Itulah 3 amalan yang bisa ibu baca saat hamil dan bersalin, dan cara yang dilakukan untuk menyambut kelahiran anak secara islami. Semoga bermanfaat dan bisa mengamalkannya. Aamiin.

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel