Loading...

5 Tips Cara Menentukan Tanggal Perikahan yang Baik

Nikahblog.net. Siapapun yang sudah siap menikah tentu gak mau menunggu lagi waktu untuk pelaksanaan pernikahan, asalkan sudah ada pasangannya maka selanjutya tinggal melamar ke pihak keluarga perempuan. Memutuskan untuk melamar mungkin tidak akan seseulit menentukan waktu yang tepat untuk melangsungkan acara pernikahan. Yupz,, benar sekali, pada saat melamar nantinya kamu akan ditanyai kapan waktu yang tepat untuk menikah.

Jika orang-orang tua dulu menentukan waktu yang baik untuk menikah biasanya menanyakan ke orang "Pintar" seperti Kiyai atau orang yang dianggap faham dengan hari yang baik untuk menikah. Katanya waktu yang baik akan berpengaruh terhadap kelangsungan pernikahan. Entah benar atau tidak, yang pasti kebanyakan masyarakat kita masih mempercayai hal itu. Nah untuk melengkapi pengetahuan  sobat sekalian tentang tanggal yang baik untuk menikah, silahkan simak beberapa tips berikut ini.
Menentukan tanggal Pernikahan yang baik
1. Tanyakan Ke orang tua

Gak ada salahnya anda menanyakan ke orang tua mengenai waktu atau tanggal pernikahan yang baik untuk dilakukan. Biasanya mereka akan menanyakannya ke orang yang dianggap faham akan hal ini. Nah, silahkan katakan ke mereka kira-kira berapa bulan lagi kalian akan menikah, misalkan bulan Mei maka mereka akan mencari tahu tanggal yang paling baik untuk melaksanakan pernikahan.

2. Persiapan Pernikahan

Persiapan untuk menikah bisa dilakukan jauh-jau hari. Misalkan anda ingin menikah dihari tanggal jadian kalian, nah tinggal sinkronkan dengan pendapat orang tua apakah tanggal tersebut baik untuk melangsungkan pernikanan. Persiapan pernikahan didalamnya termasuk budget, kira-kira butuh dana berapa untuk melaksanakan hajatan pernikahan dan perkirakan juga dana tersebut akan terkumpul dalam waktu berapa bulan kedepan. Sobat bisa baca artikel sebelumnya tentang : Biaya, Tata Cara dan Persyaratan Nikah dari KUA.

3. Waktu yang ideal ketika keduanya tidak Sibuk

Mungkin anda atau calon istri anda memiliki kesibukan sendiri seperti pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan dalam waktu-waktu tertentu. Nah sebaiknya pikirkan waktu yang pas ketika keduanya memiliki waktu libur bersamaan. Kalau bisa anda bisa meminta ijin ke perusahaan dimana anda bekerja untuk memberikan waktu libur menikah.

4. Perhatikan Kalender Hari Libur Nasional

Melangsungkan pernikahan di hari libur nasional ternyata bukan waktu yang tepat, pasalnya dikhawatirkan akan banyak tamu undangan yang tidak bisa hadir karena tengah melangsungkan liburan dengan keluarga. Sebaiknya acara pernikahan dilakukan pada libur akhir pekan seperti Sabtu atau Minggu dan bukan di hari Libur Nasional yang cukup panjang.

5. Waktu Musim Nikah

Nah ini juga jarang mendapat perhatian, sebut saja di musim haji akan banyak orang melangsungkan pernikahan. Pernah suatu hari di sebuah Rukun Tangga ada 4 pernikahan sekaligus, jaraknya antara acara pernikahan yang satu dengan yang lainnya sangat dekat hingga panggungnya saling terlihat. Tentu saja tamu-tamu undangan akan merasa enggan jika harus mengunjungi ke empat acara tersebut mengingat memang sudah kebiasaan kita untuk "mengamplop" atau memberi kado pernikahan. Alasannya yakni harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Nah sebaiknya anda mencari tahu dulu apakah di waktu yang sama akan ada acara pernikahan lain atau tidak didaerah anda tinggal.

6. Perhatikan Cuaca

Gak mau kan pas melangsungkan pernikahan di musim hujan? apalagi pernikahan tersebut dilakukan di tempat terbuka. Acara yang diperkirakan akan ramai dan meriah ternyata harus berantakan karena hujan. Sebaiknya perhatikan apakah waktu atau tanggal yang tepat untuk menikah berada dimusim hujan atau tidak. Kalaupun memaksakan melangsungkan pernikahan dimusim hujan sebaiknya anda mengantisipasinya.

Nah demikian beberapa tips menentukan tanggal pernikahan yang baik, tips tersebut memang sudah umum namun ada beberapa yang kurang mendapat perhatian seperti apakah musim hujan atau tidak, serta waktu libur nasional atau tidak. So, semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel