Loading...

7 Tips Mengatasi Rasa Gugup Saat Akan Melangsungkan Pernikahan

7 Tips Mengatasi Rasa Gugup Saat Akan Melangsungkan Pernikahan. Pernikahan sangat dinanti oleh semua orang yang sudah siap untuk menikah. Sebelum menikah banyak sekali hal yang harus disiapkan dan dilakukan oleh kedua mempelai dan seluruh keluarga, seperti membuat undangan pernikahan, mengumpulkan syarat pernikahan, persiapan upacara pernikahan, dan lain sebagainya.

Saat upacara pernikahan akan dimulai, setiap calon pengantin selalu merasa gugup dan gerogi, apalagi saat akan berlangsungnya ijab qobul. Mungkin rasa gugup ini muncul karena calon pengantin takut saat mengucapkannya salah dan harus diulang beberapa kali.

Rasa gugup dan gerogi saat akan melangsungkan pernikahan bisa diatasi dengan beberapa tips yang bisa anda lakukan, berikut diantaranya :
tips dan cara mengatasi rasa gugup saat nikah
1. Mencium Aroma Terapi

Rasa gugup bisa membuat pikiran anda menjadi stres. Untuk mengatasinya anda bisa mencium aroma terapi, seperti minyak lavender, minyak kayu putih, dan aroma terapi lainnya. Aroma terapi ini bisa membuat pikiran anda menjadi rileks dan membuat hati lebih tenang. Ciumlah aroma terapi saat anda berada di ruang pribadi dan saat anda hendak masuk ke ruangan upacara pernikahan.

2. Minum Air Teh

Selain dengan wewangian, anda juga bisa minum air teh untuk mengatasi rasa gugup. Kandungan kafein yang terdapat pada teh dapat membantu mengurangi stres. Seperti penelitian yang dilakukan oleh American Botanical Council bahwa orang yang minum teh terutama teh hijau semakin kecil kemungkinannya untuk depresi apalagi jika minum teh dilakukan setiap hari. Teh juga mengandung senyawa theanine, yaitu asam amino yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan saat akan melangsungkan acara pernikahan.

3. Ubah Mind Set

Rasa cemas dan gugup terjadi karena mind set kita yang berfikiran negatif. Hal ini wajar erjadi, namun jika dibiarkan apa yang anda pikirkan bisa terjadi. Oleh karena itu, ubahlah mind set anda bahwa semuanya akan baik-baik saja dan ini sudah menjadi ketentuan anda akan akan menikah dengan pasangan yang anda pilih.

4. Bercermin

Bercermin biasanya menjadi cara tersendiri untuk mengurangi rasa takut dan gerogi. Saat bercermin anda pasti akan mengatakan kepada diri anda sendiri hilangkan rasa gugup ini, hiilangkan rasa gugup ini, dan hilangkan rasa gugup ini. Anda akan melihat penampilan anda dan hati anda bahwa anda sudah yakin dan siap untuk menikah.

5. Makan Beberapa Jenis Buah

Beberapa jenis buah dapat membantu mengurangi rasa stres, seperti stroberi, mulberry, jeruk, dan anggur. Sebelum anda melangsungkan pernikahan, cobalah untuk makan jenis buah tersebut agar rasa gugup anda berkurang.

6. Makan Makanan Berat

Saat anda akan melangsungkan pernikahan, jangan lupa untuk makan nasi terlebih dahulu. Nasi mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup untuk tenaga agar saat di acara pernikahan anda tidak merasakan lemas, karena sesi pemotretan saja akan menguras energi yang cukup banyak. Selain menambah tenaga, energi yang di dapat dari makanan berat dapat mengurangi rasa gugup dan kelaparan. Tapi yang perlu diingat adalah jangan makan berlebihan karena terlalu kenyang akan membuat anda mengantuk.

7. Minum Air Putih

Selain minum air teh tadi, air putih juga bermanfaat untuk mengatasi rasa gugup. Air putih dapat menenangkan pikiran dan hati anda dan anda menjadi segar dan pulih kembali. Selain itu, air putih dapat menghilangkan rasa dahaga saat pernikahan berlangsung. Anda harus cukup minum air agar tidak dehidrasi.

Sudah siapkah anda sekarang untuk menikah? Harus siap! Cobalah beberapa tips di atas untuk mengatasi rasa gugup anda saat akan melangsungkan pernikahan. Semoga bermanfaat dan happy wedding!

Iklan Atas Artikel

Loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel